Informasi

Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Kab. Mandailing Natal

Sejarah Singkat Pendirian Dinas Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana Madina

Kabupaten Mandailing Natal terbentuk pada tahun 1998 sesuai dengan Undang-undang Nomor 12 Tahun 1998 Tentang Pembentukan Kabupaten Daerah Tingkat II Toba Samosir dan Kabupaten Daerah Tingkat II Mandailing Natal ( Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1998 Nomor 188, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3794), pada waktu itu masih beberapa SKPD yang terbentuk.

Pada tahun 2003 terbentuklah Dinas Kependudukan dan Keluarga Berencana , sesuai dengan perda No. 8  bulan Maret 2003 Lembar Daerah 8 . Pada Dinas ini hanya membidangi satu bidang yaitu Keuarga Berencana yang sebelumnya vertikal ke pusat dengan nomenklatur Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Pada tahun 2007 ada perubahan Suorta sesuai dengan Perda No. 41  tanggal 22 Nopember Tahun 2007, pada perda ini terbentuklah Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana,  dengan sturuktur organisasi 2 (dua ) kasi pada Pemberdayaan Perempuan dan 1 (satu) kasi di Keluarga Berencana sebelumnya Pemberdayaan Perempuan merupakan bagian di Sekretariat yaitu Bagian Peranan Wanita (Perda No. 1 bulan Pebruari Tahun 2001 LD 01 seri A di bawah Asisten II).

Pada tahun 2011 terbentuk lagi suorta baru sehingga ada perubahan nomenklatur yang awalnya Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana menjadi Kantor Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana sesuai Perda No. 3 Tanggal 12 Januari Tahun 2011 Lembar Daerah No. 3.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang perangkat Daerah  terbentuk lagi suorta baru sehingga Bidang Keluarga Berencana berdiri sendiri dan berpisahlah dengan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak. Sesuai dengan Peraturan Bupati Mandailing Natal nomor 43 tahun 2016 tanggal 23 November 2016 Berita Daerah Kabupaten Mandailing Natal Tahun 2016 Nomor 43 maka terbentuklah Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana merupakan Dinas Type A dengan satu Sekretaris dan empat Kabid

Tahun 2007 berdirinya kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana merupakan eselon III dengan 3 (tiga) kasi dan 1 (satu) Kasubbag Tata Usaha yang dipimpin oleh Dra IDA HAFNI SIREGAR.

Tahun 2011 adanya perubahan nomenklatur menjadi Kantor Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana tapi tetap masih eselon III dimana 1 (satu) Kasubbag Tata Usaha dan 3 (tiga) Kasi yang dipimpin oleh Dra. RINAWATI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*